Spesifikasi terhadap Market place indonesia

Lalu bagaimana bersama dengan objek yang diperjual belikan? Bukankah tidak tersedia secara riil? Dan bagaimana ijab qabul tersebut berlangsung?

marketplace indonesia

Objek akad terhadap jual beli transaksi online dapat dicermati langsung melalui spesifikasi yang dijelaskan oleh penjaja dalam keterangan yang diberikan dalam market place serta gambar yang mengetahui terhadap barang tersebut. Dan dalam hal ini tidak boleh tersedia unsur transaksi yang dilarang dalam syariah tidak benar satunya yang sering kami jumpai terhadap market place adalah penipuan dan islam melarang adanya penipuan.

“Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka” (HR. Ibnu Hibban 2: 326. dengan adanya terdapat pada  Hadits ini yang  shahih dengan  sebagaimana  pada kata Syaikh Al Albani didalam Ash Shahihah no. 1058).

Namun kala ini tak sedikit di dalam toko market place Indonesia tetap tersedia unsur penipuan dan ketidakjelasan terhadap objek barang yang dijual serta merugikan konsumen. gara-gara hanya sebatas keuntungan penjual, maka menjualnya bersama penipuan agara barang berikut laku, tapi hal itu justru merugikan konsumen.  Jelas dalam dalil bahwa penipuan dan ketidakjelasan jadi haram hukumnya seandainya dilakukan. Dan selama toko-toko terhadap market place berikut terbebas berasal dari unsur-unsur yang dilarang dalam syariah maka diperbolehkan.

 Islam tidak dulu melarang suatu perkara jikalau suatu hal perkara berikut dapat menimbulkan mudharat dan kezaliman didalamnya, maka selama dalam kompetisi market place tidak melanggar ketentuan syariah, kompetisi berikut diperbolehkan. Maka dalam market place sendiri perlu tercipta kompetisi yang sehat dan diperbolehkan dalam islam. Islam ada bersama pedoman hidup manusia untuk terciptanya keadilan, kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan manusianya, maka tiap tiap perkara yang dapat kita melakukan udah diatur dalam islam, hal itu supaya kita selamat di dunia maupun diakhirat. Maka kita sebagai umat muslim udah selayaknya mobilisasi pedoman-pedoman ketentuan hidup yang udah diberikan oleh  Allah lewat dalil-dalil yang udah disampaikan lewat Rasulullah Saw. baik itu Al-Qur’an maupun Hadits-hadist yang Shahih.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *